Wisata Goa Pindul, Tawarkan Rafting dan Objek Sekitar yang Menarik

Posted on

Wisata Goa Pindul merupakan salah satu destinasi alam pegunungan karst daerah Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini akan mendapatkan pengalaman menyusuri goa menggunakan ban pelampung atau cave tubing.

wisata goa pindul jogja
sumber : www.wisatagoapinduljogja.com

Objek wisata andalan Desa Bejiharjo ini memiliki legenda yang tidak kalah menariknya. Cerita rakyat yang berkembang dari pengambilan nama pindul ini kabarnya berasal dari sebuah kejadian.

Seorang bernama Joko Singlulung yang melakukan sebuah perjalanan. Mulai dari hutan, sungai dan gua untuk mencari ayahnya.

Hingga suatu ketika ia menyusuri tujuh gua dengan aliran air sungai. Lalu bertemu dengan sebuah batu besar dalam gua tersebut sampai ia pipinya terbentur. Dari sinilah nama Pindul atau “pipi gebendul” dalam bahasa Indonesia artinya pipi terbentur.

Lokasi Wisata Goa Pindul

Nah, selanjutnya jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata alam yang satu ini simak alamatnya. Jika start perjalanan dari arah kota Yogyakarta maka ambil arah ke Gunungkidul, Jalan Wonosari.

Alamatnya tepat di Gelaran 2 RT.003/RW.016, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Anda bisa mengendarai motor atau mobil bersama rombongan.

Cukup ikuti arah Jalan Wonosari ke Utara sampai arah Desa Bejiharjo. Perjalanannya dari Jalan Wonosari kurang lebih sekitar 7 km saja. Nanti akan bertemu dengan Sekretariat Goa Pindul untuk arahan masuknya.

Paket Wisata Goa Pindul

Jika berkunjung ke objek wisata ini akn ada beberapa jasa pemandu. Nah mereka biasanya memberikan penawaran untuk paket wisatanya.

Mulai dari Paket Pindul dengan harga Rp 40.000. Selanjutnya Rafting Oya Track Pendek dan Panjang Rp 60.000. Untuk Outbond lengkap dengan fun game Rp 35.000, sedangkan offroadnya pertiga orang Rp 500.000.

Untuk biaya jasa pemandunya sudah include kedalamnya. Maka tidak perlu khawatir semua perlengkapan juga aman.

Rafting Goa Pindul

Wahana air alami dalam goa pindul ini membuat para pengunjungnya tertantang. Karena kondisi air sungai yang deras dengan bebatuan yang cocok untuk aktivitas Rafting.

Sesuai dengan paket yang bisa Anda pilih sendiri. Bersama rombongan Anda bisa seru-seruan main air dan mendapatkan pengalam baru yang segar.

Kondisi Goa Pindul Saat Ini

Berwisata kesini kita akan menikmati aliran sungai bawah tanah hingga mulut goa. Kondisinya cukup sempit dan hanya bisa kita lalui dengan satu ban pelampung saja.

Maka secara bergantian masuk kedalam goa sepanjang 350 meter kurang lebih. Lebarnya hanya berkisar 5 meter saja, ketinggian atapnya 4 meter.

Susur sungai Goa Pindul memerlukan kurang lebih satu jam. Pada bagian dalamnya kita akan menyaksikan batuan stalaktit yang tumbuh ke bawah. Dengan batuan karst yang masih terus meneteskan air.

Uniknya Wisata Goa Pindul ini memiliki kondisi beragam. Mulai dari zona, gelap, terang dan remang, dari cahaya matahari yang bisa masuk.

Tiket Masuk Goa Pindul

Berbeda dengan paket yang kita bahas pada awal tadi. Tiket masuk ke objek ini cukup merogoh kocek Rp 10.000 saja.

Jadi, jika Anda tidak berani menaiki wahana hanya cukup mengeluarkan biaya tersebut. Sambil menunggu rombongan asik bermain Anda bisa menunggunya sambil menikmati pegunungan yang masih bebas polusi sambil memesan kuliner khas sekitar.

Wisata Dekat Goa Pindul

Selain Wisata Goa Pindul ini kita bisa sekalian mampir ke beberapa objek terdekat. Seperti Goa Gelatik, merupakan goa kering yang menjadi monumen peninggalan Jenderal Soedirman.

Selain itu terdapat Situs Purbakala Sokoliman yang merupakan pegunungan. Nah, salah satu rekomendasi terbaik tidak jauh dari lokasi ini adalah Goa Jomblang, destinasi wisata yang sudah jadi primadona karena keindahannya.

Wisata Goa Pindul ini bisa jadi destinasi terbaik bersama keluarga dan sahabat. Selain seru kita juga akan belajar tentang alam.