Deretan Aktivitas di Goa Pindul yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Posted on

Ada banyak aktivitas di Goa Pindul yang bisa Anda kerjakan saat berkunjung di sana. Goa yang mempunyai panjang sekitar 350 meter dengan lebar sekitar 5 meter ini menyuguhkan keindahan stalagtit dan stalagmit untuk pengunjungnya.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan paket lengkap wisata alam, seperti susur sungai bawah tanah, arum jeram, renang, hingga berwisata alam sejarah. Hal tersebut menjadikan Goa Pindul sebagai obyek wisata komplek dan tidak pernah membosankan.

Aktivitas di Goa Pindul
youtube.com

Aktivitas di Goa Pindul yang Bisa Dilakukan Para Wisata

Berwisata ke obyek wisata Goa Pindul, Anda, keluarga, serta kerabat dan teman-teman Anda bisa melakukan berbagai kegiatan. Seperti yang sudah kami rangkum di bawah ini, ada berbagai aktivitas yang akan menjadikan momen liburan Anda di Goa Pindul menjadi lebih menyenangkan dan mengesankan.

Hunting Foto

Tentunya yang paling tidak bisa Anda lewatkan saat mengunjungi ke destinasi-destinasi wisata adalah mengabadikan momen dengan berfoto. Nah, kebetulan tepat sekali, Goa Pindul menyediakan keindahan alam yang bisa Anda jadikan background untuk foto atau selfie.

Ketika Anda mulai menyusuri sungai bawah tanah, Anda akan diperlihatkan dengan stalagtit dan stalagmit dalam goa yang beraneka ragam. Menariknya, Anda bisa memotret atau mengambil gambar di tempat tersebut.

Sedangkan di luar goa, Anda bisa berfoto dengan panorama alam yang unik, berlatar langit. Tidak hanya itu, dijadikan lokasi prewedding, syuting film, hingga iklan, wisata Goa Pindul ini jagonya.

Berenang

Aktivitas di Goa Pindul selanjutnya adalah berenang. Goa Pindul mempunyai bendungan yang bisa wisatawan manfaatkan untuk berenang. Airnya adalah aliran dari dalam goa yang berasal dari mata air. Tidak perlu khawatir dengan iritasi atau gatal-gatal, karena air tersebut sudah melalui penyaringan dan kejernihannya tidak diragukan.

Bagi Anda yang tidak bisa berenang namun ingin melakukannya, Anda bisa menyewa pelampung dan alat pengaman lainnya. Sedangkan bagi Anda yang lebih suka tantangan dan hal-hal ekstrim, cobalah untuk melompat dari dinding-dinding batu ke bendungan. Tentunya hal tersebut akan menambah sensasi yang berbeda dari pengalaman liburan Anda.

Susur Sungai Bawah Tanah dan Belajar Geologi

Salah satu aktivitas di Goa Pindul yang memiliki banyak peminat adalah cave tubing atau menyusuri sungai bawah tanah. Hal ini juga menjadi salah satu dari keunikan yang hadir di dalam Goa Pindul.

Dengan seorang pemandu, Anda dan rombongan Anda akan diajak untuk masuk ke dalam goa berbekal pelampung dan ban karet untuk keamanan penyusuran serta agar tetap bisa terapung di atas air. Kemudian ada senter oleh pemandu untuk pencahayaan di zona gelap dalam goa.

Sebelumnya perlu Anda ketahui, dalam Goa Pindul ini terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona terang, remangnya, dan gelap. Nantinya, pemandu akan memaparkan seputar informasi mengenai Goa Pindul. Mulai dari asal-usul, jenis-jenis stalagtit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa, serta informasi karst lainnya.

Berwisata Sejarah

Meski identik dengan wisata alam, Goa Pindul ternyata juga menyelipkan unsur kesejarahan di dalamnya. Kebenarannya memang belum sepenuhnya, namun mengingat akan alur kisah kerajaan Mataram, hal ini tidak terpisahkan.

Anda bisa menemukan sisa-sisa peninggalan Panglima Jendral Sudirman yang masih ada. Bahkan bekas monumen Jenderal Sudirman masih berdiri tidak jauh dari lokasi bendungan Goa Pindul.

Wah, cukup beragam bukan aktivitas di Goa Pindul ini. Sebagai ikon Gunungkidul yang sudah populer, Goa Pindul akan memanjakan Anda dan wisatawan lainnya dengan segala suguhan yang tidak akan mengecewakan.

Jangan lupa mampir ke obyek-obyek wisata dekat Goa Pindul, seperti river tubing di Kali Oya, Goa Sriti, hingga mencari oleh-oleh khas Gunungkidul di stan atau ruko yang tersedia. Anda harus pastikan tidak ada moment yang ketinggalan dalam liburan Anda.