Categories: Berita

KBLI 01111 Pertanian Jagung, Bagaimana Langkah Mengurusnya

KBLI 01111 Pertanian Jagung merupakan kode yang biasa dimasukan sebagai KBLI untuk izin usaha Pertanian Jagung, petani jagung, benih maupun bibit jagung, mencakup usaha pertanian komoditas jagung mulai dari kegiatan pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan juga pemanenan dan pasca panen jika menjadi satu kesatuan kegiatan tanaman jagung.

KBLI 01111 untuk Usaha Apa?

KBLI adalah kode pengklasifikasian yang dikembangkan oleh BPS yang berfungsi untuk memudahkan pelaku bisnis saat memilih bidang usaha Pertanian Jagung sehingga tidak tertukar dengan kategori bisnis yang lain.

Wirausaha Pertanian Jagung diharuskan menentukan kode KBLI lima digit sebelum mendaftar perizinan tambahan.

Dalam menetapkan KBLI 01111 sebelum menjalankan Pertanian Jagung merupakan hal harus dipenuhi karena saat ini pemerintah telah menerbitkan perizinan berusaha berdasarkan risiko.

Semua aktivitas bisnis yang dilaksanakan, berkas izin yang disyaratkan ditentukan oleh tingkat risiko kegiatan bisnis.

Risiko usaha Pertanian Jagung bisa dipilih menggunakan kode KBLI yang telah ada

Apa Alasan Memilih KBLI 01111 Pertanian Jagung

Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia / KBLI 01111 Pertanian Jagung musti diketahui pelaku bisnis Pertanian Jagung karena alasan dibawah ini.

  • Memudahkan pelaku bisnis untuk memutuskan bidang usaha yang hendak direncanakan nanti.
  • Sebagai persyaratan untuk mengurus SIUP/TDP/NIB/Izin usaha Pertanian Jagung, pendaftaran NPWP, pengurusan BPJS, dan pengurusan perizinan lainnya.
  • Mempengaruhi besarnya pajak di SPT Tahunan maupun SPT Masa yang mesti disampaikan pelaku usaha Pertanian Jagung ke kantor pajak.
  • Menentukan resiko bisnis
  • Menjadi acuan jenis izin usaha lain yang dibutuhkan. Seperti keanggotaan asosiasi, sertifikat kompetensi, sertifikat manajemen mutu dan perizinan di badan atau kementerian

KBLI 01111 Pertanian Jagung Mencakup Apa Saja?

Jenis usaha yang dilakukan di Kelompok ini mencakup usaha pertanian komoditas jagung mulai dari kegiatan pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan juga pemanenan dan pasca panen jika menjadi satu kesatuan kegiatan tanaman jagung. Termasuk kegiatan pembibitan dan pembenihan tanaman jagung..

Apa KBLI 01111 Pertanian Jagung Dapat Dicampur dengan Kode KBLI Lain?

Di bawah ini syarat Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia / KBLI yang bisa dijadikan satu dengan kode KBLI 01111 Pertanian Jagung.

  • Dilarang menggabungkan KBLI perdagangan eceran dengan perdagangan besar.
  • Jangan mencantumkan KBLI Single Purpose dengan KBLI yang lain.
  • Dilarang mencampur kode KBLI Pertanian Jagung dengan KBLI yang berbeda bidang/tujuan jika disyaratkan hanya bisa untuk KBLI satu bidang.
  • Periksa apakah kode KBLI yang dilaksanakan sesuai dengan jenis pelaku usaha yang dipersyaratkan.
  • Memastikankode KBLI sesuai dengan kriteria skala usaha yang terlaksana.

Resiko Salah Memilih KBLI 01111 Pertanian Jagung

Kalau salah dalam memilih KBLI 01111 Pertanian Jagung dapat menimbulkan konsekuensi merugikan untuk bisnis yang dijalankan.

  • Bisnis tidak bisa berjalan secara legal disebabkan perizinan bertentangan dengan kegiatan operasional bisnis.
  • perizinan usaha tidak bisa dilanjutkan karena membutuhkan kode KBLI yang sesuai.
  • Kemungkinan diberi teguran, surat peringatan, hukuman, bahkan pencabutan izin dari kementerian disebabkan perizinan tidak berlaku sesuai aktivitas usaha.
  • Tidak bisa mengurus perizinan tambahan seperti izin operasional dan izin komersial.
  • Harus mengulang pengurusan izin usaha dari awal, sehingga harus mengeluarkan biaya dan tenaga tambahan

Cara Memilih KBLI 01111 Pertanian Jagung

Sebelum memutuskan memakai kode KBLI 01111 Pertanian Jagung, terdapat sejumlah hal yang bisa diperhatikan. Berikut beberapa langkahnya.

  • Mengecek kode KBLI dan bidang usaha yang dijalankan pada Pedoman KBLI 2020 terbaru ataupun dapat diperiksa serta unduh di URL www.sah.co.id/kbli
  • Kategori usaha yang berjalan merupakan kegiatan Pertanian Jagung dengan rincian pada Kelompok ini mencakup usaha pertanian komoditas jagung mulai dari kegiatan pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan juga pemanenan dan pasca panen jika menjadi satu kesatuan kegiatan tanaman jagung. Termasuk kegiatan pembibitan dan pembenihan tanaman jagung..
  • Menyesuaikan kategori pelaku usaha seperti jenis badan hukum atau perorangan sebelum memilih serta menambah bidang usaha.
  • Tentukan kode KBLI berdasarkan pada besarnya omset usaha Pertanian Jagung yang dijalankan, mulai dari usaha berskala mikro, skala kecil, skala menengah, dan besar. Apabila modal usaha Pertanian Jagung dibawah satu miliar, maka tergolong dalam usaha mikro. Bagi usaha Pertanian Jagung yang memiliki modal lebih dari satu miliar sampai lima miliar, usahanya tergolong dalam usaha skala kecil. Sementara untuk usaha Pertanian Jagung skala menengah modalnya berkisar lima sampai sepuluh miliar. Sementara jika modal diatas sepuluh miliar akan termasuk dalam usaha skala besar.
  • memilih tempat yang tepat untuk menjalankan aktivitas usaha Pertanian Jagung karena tidak seluruh daerah bisa digunakan untuk menjalankan usaha Pertanian Jagung.

Walaupun memilih KBLI 01111 Pertanian Jagung diperlukan berbagai pertimbangan mulai persyaratan dan kewajibannya. Namun setelah memilih kode KBLI yang tepat, usaha akan berjalan dengan aman dan diberi perlindungan dari pemerintah.

Apabila membutuhkan jasa pengurusan perizinan usaha Pertanian Jagung dapat hubungi WA 0856 2160 034 atau dapat kunjungi situs Sah.co.id

The post KBLI 01111 Pertanian Jagung, Bagaimana Langkah Mengurusnya appeared first on Sah! Blog.

SOURCE

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

Polri Duga Benih Lobster Diseludupkan di Bogor Akan Dikirim ke Luar Negeri

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam)…

2 jam ago

Ini 8 Cara Mengatasi Kesemutan pada Kaki dan Tangan Secara Tepat

Daftar Isi Jakarta – Kesemutan adalah suatu kondisi saat bagian tubuh seperti tangan dan kaki…

2 jam ago

Hadir di 220 Juta Smart TV, Android TV OS Terbaru Lebih Ngebut & Punya Mode PiP

Jakarta, Gizmologi – Masih dari acara perhelatan Google I/O 2024 yang resmi digelar beberapa waktu…

4 jam ago

2 Cara Mudah Mendapatkan Tiga Bintang di Tantangan Hidup Ratu ES COC 2024

2 Cara Mudah Mendapatkan Tiga Bintang di Tantangan Hidup Ratu ES 2024 - KUBIS.online -…

6 jam ago

Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi Tentang Dampak Pengaruh Dari Penggunaan Media Sosial Untuk Siswa dan Siswi SMK

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi Tentang…

14 jam ago

Kolaborasi Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur Bersama Pemerintah Kabupaten Blitar Membangun Desa Cerdas

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Kolaborasi Fakultas Ilmu Komputer UPN…

14 jam ago