Categories: Berita

Agar Bijak Mengakses Internet, Literasi Digital Bagi Generasi Muda Wajib Ditingkatkan

Sah! – Dalam perkembangan teknologi, penggunaan internet sudah semakin berkembang dengan pesat. Diperlukannya peningkatan literasi digital untuk dapat memanfaatkan penggunaan internet dengan bijak bagi masyarakat khususnya generasi muda di Indonesia.

Penggunaan internet dengan berbagai platform media sosial saat ini sangat diperlukan bagi seluruh masyarakat di dunia. Dengan menggunakan platform tersebut, masyarakat akan dengan sangat mudah mengakses berbagai macam informasi.

Namun, tidak selamanya penggunaan internet dengan platform media sosial dinilai baik. Pasalnya, platform tersebut seringkali dijadikan sebagai wadah untuk memanipulasi para penggunanya dengan menyebarkan informasi yang berbahaya sehingga dapat menimbulkan perpecahan para penggunanya.

Maka dari itu pentingnya pemahaman mengenai literasi digital, seharusnya literasi digital dapat dilakukan sejak dini, dengan pemahaman literasi digital sejak dini maka dapat membantu anak-anak untuk mengakses internet dengan bijak sesuai dengan fungsi internet yang seharusnya.

Literasi digital merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah informasi yang diperoleh dari media digital. Ini melibatkan evaluasi informasi secara cermat dan penggunaan yang bijak, baik untuk diri sendiri maupun orang lain, dengan mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

Pemahaman mengenai literasi digital penting dikenalkan sejak dini guna membantu anak-anak dalam memanfaatkan perangkat elektronik secara positif, misalnya untuk mendapatkan informasi. Selain itu, mereka juga akan memahami bahwa informasi yang didapat sebenarnya memiliki makna.

Dengan pemahaman literasi digital, maka penggunaan internet dapat di filter sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Masyarakat dapat memfilter konten-konten yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan, seperti misalnya memfilter konten negatif yang berbau sara, hoax, dll.

Literasi digital sangat penting agar kita sebagai masyarakat mampu semaksimal mungkin meraih dan mendapatkan manfaat positif dari penggunaan internet.

Bagi generasi muda, pemahaman literasi digital sangat penting ditingkatkan, karena di zaman sekarang yang sudah serba canggih, kebanyakan anak muda sering menggunakan platform media sosial dan lainnya untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Maka dari itu sangat penting pemahaman literasi digital, agar generasi muda tidak mudah terjebak oleh berita/informasi bohong (hoax) yang beredar di internet. Mengutip laman tirto.id terdapat manfaat dan pentingnya literasi digital bagi generasi muda, diantaranya sebagai berikut.

Pertama, menciptakan generasi yang kritis dalam menggunakan media digital. Ada banyak informasi yang tersebar di dunia digital, informasi ini dapat dibuat dengan mudah dan dapat diakses oleh siapa saja.

Kedua, generasi muda bisa lebih kreatif, inovatif, dan produktif. Media digital sejatinya memiliki banyak manfaat, dengan literasi digital dapat membantu generasi muda untuk berfikir kreatif dan inovatif sehingga bisa lebih produktif dalam berkarya.

Ketiga, menciptakan interaksi digital yang sehat. Literasi digital mampu menciptakan generasi muda yang lebih bijak dan cerdas. Hal ini dapat mencegah ujaran kebencian sehingga menciptakan interaksi yang lebih sehat dalam dunia digital.

Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kementerian Kominfo) telah menggelar program Literasi Digital Nasional (LDN) pada tahun 2024 dan akan mampu menjangkau 50 juta penduduk Indonesia.

Terdapat lebih dari 1,24 juta program pengembangan sumber daya manusia di tingkatan paling dasar. Program tersebut merupakan kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk belajar literasi digital.

Selain itu terdapat juga program lainnya berupa Digital Talent Scholarship (DTS) bagi lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan lulusan perguruan tinggi. Program DTS memberikan pelatihan dengan intensitas lebih tinggi dibandingkan program LDN.

Ada 7 jenis pelatihan, yaitu Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Professional Academy (PRO), Talent Scouting Academy (TSA), Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA) dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

Harapannya, dengan adanya program yang dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, dengan adanya program tersebut maka generasi muda akan semakin kreatif dan inovatif dalam menggunakan platform digital.

Seperti itulah penyampaian artikel berupa pentingnya pemahaman literasi digital bagi generasi muda, semoga bermanfaat.

Sah! menyediakan layanan mengenai berita dan informasi seputar dunia hukum, administrasi hukum, legalitas usaha, perizinan, serta beberapa layanan hukum lainnya. Tidak perlu khawatir menjalankan usaha, karena dengan sah segalanya lebih mudah.

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai artikel lainnya silahkan kunjungi website sah.co.id dan bagi anda yang hendak mendirikan lembaga/usaha atau mengurus legalitas usaha bisa hubungi WA 0851 7300 7406 atau dapat mengunjungi website sah.co.id.

Source:

  1. Indonesia.go.id “Meningkatkan Literasi Digital, Memanfaatkan Internet Lebih Produktif” oleh Anton Setiawan.
  2. Tirto.id “Pengertian Literasi Digital dan Pentingnya Bagi Generasi Muda” oleh Erika Erilia.

The post Agar Bijak Mengakses Internet, Literasi Digital Bagi Generasi Muda Wajib Ditingkatkan appeared first on Sah! Blog.

SOURCE

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

Polri Duga Benih Lobster Diseludupkan di Bogor Akan Dikirim ke Luar Negeri

Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam)…

28 menit ago

Ini 8 Cara Mengatasi Kesemutan pada Kaki dan Tangan Secara Tepat

Daftar Isi Jakarta – Kesemutan adalah suatu kondisi saat bagian tubuh seperti tangan dan kaki…

28 menit ago

Hadir di 220 Juta Smart TV, Android TV OS Terbaru Lebih Ngebut & Punya Mode PiP

Jakarta, Gizmologi – Masih dari acara perhelatan Google I/O 2024 yang resmi digelar beberapa waktu…

3 jam ago

2 Cara Mudah Mendapatkan Tiga Bintang di Tantangan Hidup Ratu ES COC 2024

2 Cara Mudah Mendapatkan Tiga Bintang di Tantangan Hidup Ratu ES 2024 - KUBIS.online -…

4 jam ago

Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi Tentang Dampak Pengaruh Dari Penggunaan Media Sosial Untuk Siswa dan Siswi SMK

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Pengabdian Kepada Masyarakat: Sosialisasi Tentang…

12 jam ago

Kolaborasi Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur Bersama Pemerintah Kabupaten Blitar Membangun Desa Cerdas

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Kolaborasi Fakultas Ilmu Komputer UPN…

12 jam ago