Kenali Asal Usul dan Sejarah Goa Pindul Gunungkidul Yogyakarta

Posted on

Siapa sih yang tidak kenal  dengan wisata Goa Pindul? Wisata ini memiliki sejarah tersendiri. Artikel kali ini akan membahas sejarah Goa Pindul yang kemungkinan banyak orang belum tahu sejarahnya. Terdapat kisah yang menjadi asal usul Goa Pindul Gunungkidul.

"Kenali

Mengintip Sejarah Goa Pindul Gunungkidul

Kata Pindul merupakan singkatan dari bahasa jawa yakni Pipi Kebendul. Dalam bahasa Indonesia berarti pipi kebentur atau dalam bahasa keseharian kejedot. Ada sebuah kisah dari nama tersebut.

Dahulu kala ada seorang bernama Joko Singlulung yang sedang mencari ayahnya yang hilang. Joko Singlulung mencari menyusuri tanah Jawa yang pada saat itu masih liar. Dia berjalan melewati goa, gunung dan hutan hingga sampai di Gunungkidul.

Saat Joko Singlulung memasuki goa, dan secara tidak sengaja dia terbentur sebuah batu. Dan itulah asal usul nama Goa Pindul. Ada yang mengatakan bahwa sejarah Goa Pindul asal mulanya berasal dari kisah perjalanan Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani.

Mereka berdua sedang berjalan menuju arah timur (arah Gunungkidul) dengan membawa bayi. Sementara itu sang bayi menangis terus menerus, kemudian Ki ageng dan Ki Mertani memutuskan untuk memandikan bayi tersebut.

Ki Juru Mertani menaiki bukit dan menginjak tanah di pucuk bukit tersebut, dengan kesaktian yang dimiliki tanah itu pun runtuh dan terbentuklah lubang besar dengan aliran air. Setelah itu bayi tersebut dimadikna pada goa yang berlubang tadi.

Sebelum menjadi tempat wisata. Goa Pindul dulunya digunakan oleh para warga untuk memancing, mencuci, mandi dan yang lainya. Hal ini dikarenakan air sungai yang terdapat di Goa Pindul sangat jernih dan alami.

Bahkan goa ini dianggap sakral maka dari itu banyak orang yang tidak berani masuk ke dalam lorong goa. Setelah mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada melakukan penelitian, anggapan bahwa goa ini termasuk sakral pun berubah.

Kelompok mahasiswa tersebut takjub akan keindahan stalaktit dan stalagmit yang terdapat pada goa, saat sedang melakukan penelitian. Bukan hanya itu, fenomena air sungai yang mengalir menjadikan tempat ini sangat unik. Timbulah gagasan dari mahasiswa tersebut untuk menjadikan tempat ini sebagai wisata alam.

Wisata

Para wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta. Menyempatkan diri untuk ke Goa Pindul. Karena populasi Goa Pindul sudah menyebar ke penjuru nusantara. Selain pantai, Goa Pindul juga termasuk wisata andalan Kabupaten Gunungkidul.

Untuk menyusuri Goa Pindul wisatawan tidak perlu cemas. Karena sudah diberikan jaminan keselamatan oleh pengelola goa dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan dan akan didampingi pemandu yang berpengalaman.

Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya pengunjung Goa Pindul dari tahun ke tahun. Itu tadi sejarah Goa Pindul yang terletak di Gunungkidul Yogyakarta.