Categories: Tekno

Samsung Knox Vault Bawa Fitur Secure Folder, Pas Untuk Simpan Aplikasi & Data Pribadi

Jakarta, Tekno – Selain mengedepankan sejumlah fitur unggulan pada beragam aspek seperti performa dan kamera, Samsung juga terus meningkatkan fitur keamanan pada lini smartphone-nya. Tidak hanya pada lini flagship, kini Samsung Knox Vault turut hadir ke sejumlah Galaxy A Series. Membawa Secure Folder yang lebih dari sekadar sembunyikan file.

Sempat diperkenalkan pada peluncuran Galaxy A55 & Galaxy A35, Samsung Knox Vault sendiri merupakan sebuah platform keamanan berlapis, tidak hanya berupa software saja namun juga hardware untuk mencegah data pribadi dari beragam jenis serangan. Knox Vault dinilai penting mengingat kini lebih banyak data pribadi pengguna berbentuk digital dan lebih banyak dibagikan ke platform seperti media sosial.

Salah satu fitur keamanan yang ditawarkan lewat Knox Vault adalah Secure Folder. Lewat fitur ini, pengguna smartphone Samsung bisa menyimpan data pribadi maupun aplikasi secara aman. Tak perlu mengunduh aplikasi tambahan yang kebanyakan berbayar, atau beriklan bila bisa diunduh gratis, dengan keamanan yang mungkin masih dipertanyakan.

Baca juga: Ini Empat Fitur Galaxy AI Favorit Versi Pengguna, Mulai Hadir ke Galaxy S21 Series!

Nggak Perlu Bayar, Mendukung Backup Lewat Cloud

Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, “salah satu fitur yang sangat berguna bagi pengguna adalah Secure Folder yang tangguh mendukung perlindungan data maupun aplikasi penting pengguna dengan mudah, bantu pengguna bebas khawatir saat beraktivitas digital.” Lantas apa saja manfaatnya?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Secure Folder mampu membuat pemilik smartphone untuk menyembunyikan file atau konten pribadi. Pada era di mana kita lebih banyak menangkap momen menggunakan kamera smartphone, tentu tidak semuanya ingin kamu bagikan ke semua orang. Maka dari itu, konten yang bersifat pribadi bisa disimpan ke Secure Folder, termasuk dokumen kantor maupun jenis file lainnya.

Bisa dianggap sebagai sebuah ruangan pribadi yang terenkripsi, Secure Folder juga dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi dengan data sensitif, seperti aplikasi keuangan, aplikasi kirim pesan sampai game sekalipun. Menariknya, meski kamu telah menambahkan WhatsApp ke dalam Secure Folder, aplikasi tersebut akan terduplikat secara otomatis. Artinya, WhatsApp masih bakal tersedia pada menu di luar Secure Folder, dengan data login yang berbeda.

Keunggulan lain dari Secure Folder adalah kemudahan untuk memindahkan data yang sudah disembunyikan ke smartphone baru, alias mendukung fitur backup dan restore melalui cloud. Ini tentu sangat memudahkan, dibandingkan solusi konvensional seperti harus membuat data pribadi kembali publik, memindahkannya ke perangkat lain, lalu secara manual menyembunyikannya kembali.

Cara Pakai Secure Folder Untuk Simpan File & Aplikasi

Opsi untuk mengunci aplikasi maupun data pribadi ke Secure Folder, bisa menggunakan metode otentikasi seperti PIN, pola, sampai password. Tersedia di cukup banyak seri smartphone Samsung, kamu bisa mengaksesnya hanya dengan melakukan pencarian “Secure Folder” pada menu maupun halaman depan Settings. Kamu diwajibkan untuk login ke akun Samsung, dan mengaktifkan salah satu metode kunci yang ditawarkan.

Untuk menambahkan file yang ingin disembunyikan, cukup buka Secure Folder, lalu klik tombol titik tiga di sebelah kanan. File bisa dibuat secara otomatis pindah, atau sekadar di-copy saja. Sementara untuk aplikasi, klik tombol “+”, lalu langsung tambahkan aplikasi yang sudah terpasang. Juga ada opsi untuk mengunduh aplikasi baru secara langsung, baik dari Galaxy Store maupun Play Store.

Knox Vault terbaru dengan fitur canggih ini hadir di salah satu smartphone mid-range Samsung terbaru yakni Galaxy A55 5G. Untuk pembelian hingga 8 Mei 2024, terdapat promo spesial senilai hingga Rp1,2 jutaan. Yakni berupa free storage upgrade, bonus kuota Axis sebesar 125GB selama 6 bulan, serta tambahan clear case orisinil.

Artikel berjudul Samsung Knox Vault Bawa Fitur Secure Folder, Pas Untuk Simpan Aplikasi & Data Pribadi yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Tekno

gizmologi

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PT Semen Tonasa Bantu Korban Bencana

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PT…

5 jam ago

Kedudukan Peraturan Daerah Provinsi dalam Hierarki Perundang-undangan Indonesia

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Kedudukan Peraturan Daerah Provinsi dalam…

5 jam ago

Dinas Pendidikan Tulang Bawang Diduga Turut Menikmati BOP PKBM.

TULANG BAWANG | AESENNEWS.COM | Dunia Pendidikan Kabupaten Tulang bawang, di bidang Pendidikan Non Formal,…

5 jam ago

Pemkot Probolinggo Dukung FOLU Net Sink 2030 untuk Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

AESENNEWS.COM Probolinggo -  Pemerintah Kota Probolinggo turut serta dalam agenda sosialisasi program nasional Forest and…

5 jam ago

Cuaca Ekstrem Tewaskan 7 Orang di Texas AS

Jakarta – Korban tewas akibat cuaca ekstrem yang melanda kota Houston di Texas, Amerika Serikat…

8 jam ago

Telkomsat dan Starlink Hadirkan Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Jakarta, – Pada tanggal 15 Mei 2024, Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS)…

8 jam ago