Categories: Berita

Ratusan Guru dan Kepala Sekolah Kab Pangkep Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Hadir Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Dr. Sabrun Jamil, S.Pi.,MP.

JurnalPost.com – Kemendikbudristek meluncurkan terobosan baru pada tanggal 11 Februari 2022 yaitu berupa Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Hal tersebut berhubungan langsung dengan akselerasi mutu pembelajaran dan peningkatan kualitas guru, dimana Kurikulum Merdeka menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Kepala Sekolah SD, SMP dan Guru yang difasilitasi oleh Manajemen Pemerintahan Daerah (LFMPD), Kegiatan Bimtek ini berlangsung di Hotel Aryaduta jalan Somba Opu Makassar, berlangsung selama 3 hari. (08-10/Mei/2023).

Pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis ini terbagi ke dalam dua angkatan. Total peserta kegiatan bimbingan teknis kurang lebih sekitar 500 orang yang terbagi atas kepala sekolah SD, SMP dan Guru serta turut dihadiri oleh pengawas sekolah dan Narasumber Implementasi Kurikulum Merdeka.

Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan H. Muhammad Yusran Lalogau, S.Pi., M.Si dalam sambutan sekaligus Membuka Bimtek IKM meminta pada momen ini agar Kepala Sekolah, Pengawas dan Guru mampu memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar.

“Sekiranya kepala sekolah maupun guru mampu melahirkan Inovasi yang bermanfaat dan berkelanjutan seperti wisata pendidikan agar pembelajaran tidak selalu monoton di kelas terus, misalkan anak anak dibawa berkunjung beberapa tempat seperti perpustakaan, tonasa, pengadilan silahkan karena kami sudah meminta izin buat anak anak kita demi proses pembelajaran dan melihat secara. Jelas Bupati pangkep. ”

Lanjut Bupati pangkep MYL sangat berharap terkait penanganan dan pencegahan anak tidak sekolah (ATS) setiap anak yang lulus dari semua jenjang pendidikan berharap agar anak tersebut melanjutkan pendidikan selanjutnya, baik SD, SMP dan SMU. Jelasnya di hadapan guru dan kepala sekolah.

Bupati pangkep MYL juga menekankan agar semua Sekolah diharapkan dapat menghadirkan Inovasi pada sekolahnya masing-masing, serta disiplin dalam melaksanakan tugas baik di daratan, pegunungan dan Kepulauan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkep, Dr Sabrun Jamil, S.Pi., M.P, Menyatakan “Sesuai tema hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar yang dicanangkan Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim adalah implementasi kurikulum merdeka di semua jenjang pendidikan. ia berharap dengan kegiatan ini peserta mampu memahami dan meningkatkan kompetensi SDM sehingga memberikan layanan pendidikan yang terbaik berkualitas bagi siswa. Ujarnya.

Para Peserta yang ikut di kegiatan Bimtek mendapatkan materi terkait penguatan implementasi Kurikulum Merdeka dari narasumber tentang Sosialisasi Anti Korupsi, Wujud Penguatan Integritas Pendidikan oleh Kejaksaan Negeri Pangkajene dan Kepulauan, Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengelolaan Keuangan Bapak Prof. Dr. H. Syahrir Mallongi, SE.,M.Si., Akademisi Guru Besar. Kurikulum Merdeka Belajar: Penjelasan, Konsep, Keunggulannya oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan, Implementasi Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka oleh Kepala LPMP Provinsi Sulawesi Selatan. Pengawasan Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar oleh BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi- Selatan dan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal, Kepolisian Resor Kab.Pangkajene dan Kepulauan.

Harapan dari terlaksananya Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar ini adalah sekolah menjadi lebih paham terkait Kurikulum Merdeka dan mengimplementasikan dengan baik serta mewujudkan Guru abad ke 21 yang mampu menyiapkan peserta didik yang terampil, berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif dan mampu berkolaborasi.

Dengan Hadirnya Kurikulum Merdeka menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas. Namun, juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau yang disebut sebagai wujud Profil Pelajar Pancasila.

Di tempat yang sama, Kepala UPT SDN 3 Sambung Jawa, Asdar Ambo S.Pd, M.Pd, usai bimbingan teknis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar menyampaikan bahwa manfaat dari kegiatan ini sebagai pembentukan karakter siswa sebagai individu yang memiliki kepribadian yang baik dan berkualitas, berbicara dan menulis dengan baik yang akan membantu mereka dalam berkomunikasi di masa depan membuat mereka lebih mandiri. Ujar Asdar.

Secara keseluruhan pelaksanaan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar berjalan dengan lancar, peserta bimtek sangat antusias dan bersemangat mengikuti setiap sesi dari Narasumber dan berinteraksi secara aktif melalui diskusi-diskusi dan tanya jawab. (*Hasbi)

The post Ratusan Guru dan Kepala Sekolah Kab Pangkep Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka appeared first on JurnalPost.

SOURCE

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

KJPP Akan Gelar Aksi Damai Menolak RUU Penyiaran di Gedung DPRD Sulsel

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul KJPP Akan Gelar Aksi Damai…

2 jam ago

Membangun Kepemimpinan untuk Karir Sukses di Masa Depan

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Membangun Kepemimpinan untuk Karir Sukses…

2 jam ago

Muspika & Pendamping Langsungkan Monev Di Desa Pagelaran Setelah Selesai Merelisasikan DD Tahap Pertama di Tahun 2024

AESENNEWS.COM, PANDEGLANG  - Rampung melaksanakan pekerjaan yang didanai anggaran Dana Desa tahap Pertama tahun anggaran…

2 jam ago

Ketua DPK LPAKN-RI PROJAMIN Tuba Soroti Viralnya Pemberitaan PKBM Rawa Indah Dan PKBM Raden Intan.

Lampung | Aesennews.com |Maraknya pemberitaan di puluhan media online, dugaan menipulasi data yang di lakukan…

2 jam ago

Furqon Bebas, Warga Tinggalkan Kampung Susun Bayam-Tunggu Mediasi Komnas HAM

Jakarta – Perwakilan Warga Kampung Bayam mencapai kesepakatan sementara dengan pihak PT Jakarta Propertindo (JakPro)…

2 jam ago

MK Putuskan Tak Berwenang Adili Sengketa Pileg ‘Kabupaten PKS’

Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan tidak berwenang untuk mengadili sengketa Pemilu 2024 yang diajukan…

2 jam ago