Categories: Berita

Pj Wali Kota Probolinggo, Menginspirasi Pertanian Organik

AESENNEWS.COM Probolinggo –  Penjabat Wali Kota Probolinggo, Nurkholis, tampil di acara Pembukaan Pelatihan Identifikasi Kesuburan Tanah. Di tengah atmosfer yang ramah, ia tak hanya menghadiri acara tersebut, namun juga turut serta dalam panen Padi Organik dan Cabe Merah Besar dengan Teknologi Irigasi Tetes. Ditambah lagi, ia secara simbolis menyerahkan Bantuan Benih Jagung dari Kementerian Pertanian. 

“Nah, beginilah kita berkomitmen, meskipun panenannya di demplot terbatas, tapi jangan salah, ini adalah wujud nyata dari semangat Probolinggo,” katanya dengan antusias.

Diiringi oleh Kapolres Probolinggo Kota, Wadi Sa’bani, Nurkholis naik ke combine harvester untuk memanen padi organik di demplot seluas 1,2 hektar. Mereka menanam varietas inpari 32, tanpa pupuk kimia. Hasilnya? Sungguh memuaskan! Dengan rata-rata 4,45 kg per ubinan, diperkirakan produksi mencapai 7,12 ton per hektar Gabah Kering Sawah (GKS).
Tidak lupa, Nurkholis memberikan apresiasi atas program pengembangan padi organik dan klaster ketahanan pangan. Baginya, inovasi ini bukan hanya tentang pertanian, tapi juga tentang meningkatkan daya saing dan kesejahteraan bersama.
“Saya sungguh senang dan mengapresiasi kegiatan ini. Komitmen petani luar biasa, ini memberikan nilai tambah dan bisa meningkatkan ketahanan pangan serta kesejahteraan,” ujarnya penuh semangat.
Dengan segala upaya ini, Nurkholis berharap ketahanan pangan dan inflasi di Kota Probolinggo tetap terkendali. DKPPP diharapkan dapat terus berinovasi dalam pertanian organik, menarik minat petani lain untuk bergabung dalam gerakan ini.
(SB)

SOURCE

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

Petani Kampung Bedarou Indah Menjerit Meminta Kepada Pemkab Tuba Ambil Sikap Tegas, Penjual Pupuk Bersubsidi Melebihi HET.

TULANG BAWANG | AESENNEWS.COM | Tingginya harga pupuk bersubsidi di Kampung Bedarou Indah, Kecamatan Menggala…

3 jam ago

Israel Bombardir Kamp Pengungsian Jabalia, 10 Orang Tewas

.clearfix_portal:before, .clearfix_portal:after { content: ” “; display: table; } .clearfix_portal:after { clear: both; } .video-recomm__button…

6 jam ago

10 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah

Daftar Isi Jakarta – Sudah sejak lama kapulaga digunakan sebagai bumbu dapur. Sebab, rempah-rempah tersebut…

6 jam ago

Project Astra, Agen AI Tandingan Google Untuk Melawan OpenAI

Jakarta, Gizmologi – Dalam sebuah acara luring tahunan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam,…

8 jam ago

Peduli Perdamaian di Kalangan Pemuda Solo Raya, LKLK Gelar Festival Dolanan Tradisional

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Peduli Perdamaian di Kalangan Pemuda…

17 jam ago

UNHAN Siap Produksi Vaksin HPV dari Hasil Konsorsium Indonesia Maju Foundation & Nusantics

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul UNHAN Siap Produksi Vaksin HPV…

18 jam ago