Categories: Berita

Konseling Sekolah Lanjutan: Persiapan Pendidikan Melalui Landasan Ayat Suci Al-Quran

AESENNEWS.COM, Surabaya – Di tengah tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi masa transisi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, peran konseling sekolah lanjutan semakin penting dalam mempersiapkan mereka secara holistik. Dalam ayat suci Al-Quran surat Al-Israa ayat 36, Allah berfirman, “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungan jawabnya.”
Mengutip landasan agama ini, konseling sekolah lanjutan menjadi jembatan yang memungkinkan siswa untuk mengambil keputusan pendidikan yang tepat, berdasarkan pengetahuan yang memadai tentang minat, bakat, dan potensi mereka. Melalui pendekatan holistik, konselor membantu siswa untuk memahami diri mereka sendiri, merumuskan tujuan pendidikan, dan mengidentifikasi jalur yang sesuai dengan kemampuan serta minat mereka.
Konseling sekolah lanjutan tidak hanya tentang memberikan informasi akademis, tetapi juga mengenai pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan kehidupan yang dapat membantu siswa untuk sukses di masa depan. Dengan bimbingan yang tepat, siswa dapat menghindari mengikuti arus tanpa arah yang jelas, seperti yang ditegaskan dalam ayat suci Al-Quran tersebut.
Dengan demikian, SMP Radlatul Jannah mengadakan tanya jawab pada siswanya konseling sekolah lanjutan bukan hanya sekadar layanan pendukung, tetapi merupakan bagian integral dari sistem pendidikan yang berperan dalam membentuk generasi yang mampu mengambil tanggung jawab atas pilihan pendidikan mereka dengan kesadaran penuh akan akibatnya.
(Bambang)

SOURCE

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

Petani Kampung Bedarou Indah Menjerit Meminta Kepada Pemkab Tuba Ambil Sikap Tegas, Penjual Pupuk Bersubsidi Melebihi HET.

TULANG BAWANG | AESENNEWS.COM | Tingginya harga pupuk bersubsidi di Kampung Bedarou Indah, Kecamatan Menggala…

7 jam ago

Israel Bombardir Kamp Pengungsian Jabalia, 10 Orang Tewas

.clearfix_portal:before, .clearfix_portal:after { content: ” “; display: table; } .clearfix_portal:after { clear: both; } .video-recomm__button…

9 jam ago

10 Manfaat Kapulaga bagi Tubuh, Salah Satunya Turunkan Tekanan Darah

Daftar Isi Jakarta – Sudah sejak lama kapulaga digunakan sebagai bumbu dapur. Sebab, rempah-rempah tersebut…

9 jam ago

Project Astra, Agen AI Tandingan Google Untuk Melawan OpenAI

Jakarta, Gizmologi – Dalam sebuah acara luring tahunan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam,…

11 jam ago

Peduli Perdamaian di Kalangan Pemuda Solo Raya, LKLK Gelar Festival Dolanan Tradisional

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Peduli Perdamaian di Kalangan Pemuda…

21 jam ago

UNHAN Siap Produksi Vaksin HPV dari Hasil Konsorsium Indonesia Maju Foundation & Nusantics

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul UNHAN Siap Produksi Vaksin HPV…

21 jam ago