Categories: Berita

KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi, Termasuk Apa Saja?

Sah! – Kode KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi merupakan kode yang biasa digunakan sebagai KBLI untuk izin usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi, mencakup kegiatan lembaga pemerintahan dalam hal pembinaan, pengembangan dan penyelenggaraan di bidang konstruksi. Misalnya lembaga pemerintahanan bidang pekerjaan umum.

KBLI 84135 Dipakai untuk Aktifitas Apa?

KBLI ialah kode klasifikasi yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik agar mempermudah pengusaha saat menentukan bidang usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi supaya tidak keliru dengan kategori bisnis lain.

Pelaku bisnis Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi diwajibkan menentukan kode KBLI 5 digit sebelum mengajukan perizinan lebih jauh.

Penentuan KBLI 84135 dalam melaksanakan Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi menjadi harus disiapkan sebab sekarang pemerintah sudah mempublikasikan perizinan berusaha berdasarkan risiko.

Masing-masing kegiatan usaha yang dilaksanakan, surat perizinan yang dibutuhkan didasarkan oleh klasifikasi risiko kegiatan bisnis.

Pertimbangan Kenapa Harus Memilih KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi

KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi wajib dipahami pengusaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi karena faktor dibawah ini.

  • Mempermudah wirausaha untuk menetapkan bidang usaha yang akan direncanakan nantinya.
  • Menjadi persyaratan untuk membuat SIUP/TDP/NIB/Izin usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi, pengurusan NPWP, membuat BPJS, dan membuat perizinan lainnya.
  • Menentukan banyaknya pajak di SPT Tahunan dan SPT Masa yang wajib disampaikan pelaku usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi ke KPP.
  • Mempengaruhi risiko usaha
  • Menjadi acuan kewajiban izin usaha tambahan yang diperlukan. Contohnya keanggotaan asosiasi, sertifikat kompetensi, sertifikat manajemen mutu dan perizinan di badan atau kementerian

KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi Mencakup Apa Saja?

Kategori usaha yang mencakup di Kelompok ini mencakup kegiatan lembaga pemerintahan dalam hal pembinaan, pengembangan dan penyelenggaraan di bidang konstruksi. Misalnya lembaga pemerintahanan bidang pekerjaan umum.

Dapatkah Kode KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi Dicampur dengan KBLI Lain?

Berikut kriteria KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) yang dapat dijadikan satu dengan kode KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi.

  • Jangan sampai mencampur KBLI perdagangan besar dengan perdagangan eceran.
  • Jangan memasukkan kode KBLI Single Purpose dengan KBLI lain.
  • Dilarang menggabungkan KBLI Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi dengan KBLI yang berbeda bidang/tujuan jika disyaratkan hanya bisa untuk KBLI satu bidang.
  • Memastikan KBLI yang berjalan sesuai dengan jenis pelaku usaha yang dipersyaratkan.
  • Memastikankode KBLI sesuai dengan kriteria skala usaha yang beroperasi.

Jangan Sampai Salah Memilih Kode KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi

Apabila salah dalam memilih KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi bisa menimbulkan dampak kurang baik untuk bisnis yang hendakterlaksana.

  • Usaha tidak bisa terlaksana secara sah disebabkan perizinan bertentangan dengan kegiatan operasional bisnis.
  • Izin usaha tidak dapat diterbitkan karena membutuhkan kode KBLI yang benar.
  • Berpotensi menerima teguran, peringatan, hukuman, bahkan dibatalkannya izin usaha dari pemerintah diakibatkan izin tidak berlaku sesuai aktivitas bisnis.
  • Tidak bisa mengurus izin usaha tambahan seperti izin operasional dan izin komersial.
  • Harus mengulang pengurusan izin usaha dari awal, sehingga harus mengeluarkan biaya dan tenaga tambahan

Mekanisme Memilih Kode KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi

Saat memilih untuk menggunakan Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia / KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi, ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Berikut beberapa caranya.

  • Mengecek kode KBLI dan aktivitas bisnis yang beroperasi pada Buku Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia / KBLI 2020 terbaru atau dapat dicek serta diperoleh di link www.sah.co.id/kbli
  • Aktivitas usaha yang beroperasi merupakan aktivitas Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi dengan rincian pada Kelompok ini mencakup kegiatan lembaga pemerintahan dalam hal pembinaan, pengembangan dan penyelenggaraan di bidang konstruksi. Misalnya lembaga pemerintahanan bidang pekerjaan umum..
  • Mempertimbangkan kategori pelaku usaha seperti jenis badan hukum atau perorangan sebelum menentukan dan mengembangkan KBLI.
  • Pilihlah KBLI berdasarkan pada skala usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi yang beroperasi, mulai dari usaha berskala mikro, skala kecil, menengah, dan besar. Apabila modal usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi dibawah satu miliar, maka tergolong dalam usaha mikro. Bagi usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi yang memiliki modal lebih dari satu miliar sampai lima miliar, usahanya termasuk dalam usaha skala kecil. Sedangkan untuk usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi skala menengah modalnya berkisar lima sampai sepuluh miliar. Sedangkan apabila modal diatas sepuluh miliar akan termasuk dalam usaha skala besar.
  • menentukan tempat yang sesuai untuk melaksanakan aktivitas usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi karena tidak semua lokasi dapat dipergunakan untuk menjalankan usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi.

Demikianlah pembahasan seputar KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi, diharapkan dapat mempermudah pengusaha ketika membuat izin usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi.

Jika memerlukan konsultan untuk mengurus izin usaha Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi bisa hubungi Whatsapp 0856 2160 034 atau bisa mengakses website Sah.co.id

The post KBLI 84135 Kegiatan Lembaga Pemerintahan Bidang Konstruksi, Termasuk Apa Saja? appeared first on Sah! Blog.

SOURCE

viral

Share
Published by
viral

Recent Posts

Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Dunia Bulutangkis

IDXChannel - Bintang ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya, resmi pensiun dari dunia bulutangkis. Hal itu…

52 menit ago

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PT Semen Tonasa Bantu Korban Bencana

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, PT…

8 jam ago

Kedudukan Peraturan Daerah Provinsi dalam Hierarki Perundang-undangan Indonesia

Berita ini telah tayang pertama kali di JurnalPost dengan judul Kedudukan Peraturan Daerah Provinsi dalam…

8 jam ago

Dinas Pendidikan Tulang Bawang Diduga Turut Menikmati BOP PKBM.

TULANG BAWANG | AESENNEWS.COM | Dunia Pendidikan Kabupaten Tulang bawang, di bidang Pendidikan Non Formal,…

8 jam ago

Pemkot Probolinggo Dukung FOLU Net Sink 2030 untuk Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca

AESENNEWS.COM Probolinggo -  Pemerintah Kota Probolinggo turut serta dalam agenda sosialisasi program nasional Forest and…

8 jam ago

Cuaca Ekstrem Tewaskan 7 Orang di Texas AS

Jakarta – Korban tewas akibat cuaca ekstrem yang melanda kota Houston di Texas, Amerika Serikat…

10 jam ago